SAFARI TOLERANSI SMP ISLAM

AN-NAWAWIYYAH

Jum’at, 13 Desember 2019 — SINA (SMP Islam An-Nawwiyyah) melaksanakan safari toleransi bertajuk “Jaga Toleransi, Jaga Persatuan NKRI”. Safari toleransi yang dikemas dalam kunjungan rumah ibadah ini bertujuan untuk memunculkan sikap saling menghormati diatas segala kebaragaman masyarakat Indonesia. 

            Masih dalam rangkaian kegiatan masa jeda Penilaian Akhir Semester (PAS) tahun pelajaran 2019/2020, SMP Islam An-Nawawiyyah melaksakan kunjungan rumah ibadah yang diikuti oleh seluruh siswa. Kegiatan kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan berbagai tempat ibadah dan tata cara beribadah pemeluk agama lain dengan misi menanamkan sedini mungkin sikap toleransi dan kerukunan antar umat beragama. Kegiatan pengisi masa jeda ini dibagi menjadi dua kelompok dengan kunjungan tempat ibadah yang berbeda. Kelompok pertama merupakan pengurus OSIS yang berkunjung ke Gereja Katolik dan Gereja Kristen, sementara kelompok kedua adalah seluruh siswa diluar pengurus OSIS yang berkunjung ke rumah ibadan Klenteng Tjoe Hwie Kiong Tasikagung Rembang.

Pengurus OSIS SINA melaksakan safari toleransi berkolaborasi bersama  Pengurus OSIS SMP Katolik OV Slamet Riyadi. Peserta didik yang notabene merupakan siswa-siswi aktif berprestasi dimasing-masing sekolah sangat antusias dengan kegiatan ini. Dalam kunjungan pertama, seluruh pengurus OSIS diterima di rumah ibadah Gereja Katolik St. Petrus dan Paulus Rembang. Secara aktif siswa bertanya tentang sejarah dan arti simbol-simbol keagamaan yang ada, khusunya pengurus OSIS SMP Islam An-Nawawiyyah yang memang untuk kali pertama berkunjung ke rumah ibadah Agama Katolik. Dilanjutkan dengan kunjungan ke dua yaitu Masjid Agung Kabupaten Rembang. Hal serupa juga berulang, dimana pengurus OSIS Katolik OV Slamet Riyadi sangat antusias dalam kunjungannya ke rumah ibadah Agama Islam.

Kunjungan seluruh siswa SMP Islam An-Nawawiyyah non pengurus OSIS mendapatkan respon sangat positif dari pengurus Klenteng Tjoe Hwie Kiong Tasikagung Rembang. Kegiatan ini dirasa sangat positif untuk membangun sikap toleransi karena pada dasarnya semua agama mengajarkan pada kebaikan. Siswa-siswi SINA yang kritis dan aktif tentu saja  tidak melewatkan kesempatan untuk bertanya dengan narasumber. Dan berharap kegiatan seperti ini diadakan secara periodik dan berkelanjutan. Safari toleranasi SINA pada dasarnya merupakan salah satu dari sekian program pembelajaran di luar kelas. Karena pada dasarnya SMP Islam An-Nawawiyyah dalam proses pembelajarannya tidak hanya menekankan pada materi namun lebih banyak pada praktik dan implementasinya dalam masyarakat.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here